Made , Julia Safitri (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING PADA MATERI UNSUR INTRINSIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 6 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
SKRIPSI_MADE JULIA SAFITRI_ABSTRAK - Made Julia.pdf Download (251Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI_MADE JULIA SAFITRI_2153053028_FULL TANPA LAMPIRAN - Made Julia.pdf Restricted to Hanya staf Download (1741Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI_MADE JULIA SAFITRI_2153053028_TANPA PEMBAHASAN - Made Julia.pdf Download (1310Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar materi unsur intrinsik Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 6 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning pada materi unsur intrinsik Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro Utara yang berjumlah 41 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes. Pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar materi unsur intrinsik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 6 Metro Utara. Kata kunci : bahasa indonesia, hasil belajar, problem-based learning The problem in this research was the low learning outcomes in the intrinsic elements material of Indonesian language for fourth-grade students at SD Negeri 6 Metro Utara. This research aimed to find out the effect of implementing the Problem-Based Learning model on the intrinsic elements material of Indonesian language. The method used was quasi-experimental with a nonequivalent control group design. The population and sample of this research were fourth-grade students at SD Negeri 6 Metro Utara, totaling 41 students. The sampling technique used was total sampling. Data collection techniques were conducted through tests and non-tests. The hypothesis test used Independent Sample t-Test with a significance value of 0.000 < 0.05, which showed that there was a significant difference in learning outcomes between the experimental class and the control class. The results of the research showed that the implementation of the Problem-Based Learning model significantly affected the learning outcomes of the intrinsic elements material in Indonesian language for fourth-grade students at SD Negeri 6 Metro Utara. Keywords : indonesian language, learning outcomes, problem-based learning
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD) |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 06:22 |
| Terakhir diubah: | 28 Oct 2025 06:22 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92196 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
