EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN SISWA

Yustika , Berlianti Mara (2025) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOMUNIKASIKAN SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
abstrak skripsi - Yustika Berlianti.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img] File PDF
FIX SKRIPSI DIGILIB TANPA LAMPIRAN - Yustika Berlianti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2381Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FIX SKRIPSI DIGILIB TANPA PEMBAHASAN - Yustika Berlianti.pdf

Download (965Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery learning pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi untuk meningkatkan keterampilan mengomunikasikan siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI F.1 sampai XI F.7 SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI F.4 sebagai kelas eksperimen dan XI F.3 sebagai kelas kontrol. Desain pada penelitian ini menggunakan the matching-only pretest-posttest control group design. Pengujian hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji-t dan uji perbedaan dua rata-rata yang juga menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan mengomunikasikan kelas eksperimen berkriteria tinggi yaitu sebesar 0,73, sedangkan kelas kontrol berkriteria sedang yaitu sebesar 0,53. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampil- an mengomunikasikan kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibanding- kan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan mengomunikasikan siswa pada materi faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Kata kunci: discovery learning, keterampilan mengomunikasikan, laju reaksi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 28 Oct 2025 07:16
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 07:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92206

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir