EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI

TIA , AMELIA (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
TIA AMELIA_ABSTRAK - Tia Amelia.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img] File PDF
TIA AMELIA_ SKRIPSI FULL (TANPA LAMPIRAN) - Tia Amelia (1).pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1443Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TIA AMELIA_ SKRIPSI FULL (TANPA PEMBAHASAN) - Tia Amelia (1).pdf

Download (1439Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran guided inquiry pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI F.1 sampai dengan XI F.4 di SMA Negeri 13 Bandar Lampung pada Tahun Ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI F.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F.3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan weak experimental dengan prettest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir tingkat tinggi, skala penilaian keterlaksanaan pembe- lajaran dan lembar observasi aktivitas peserta didik. Data penelitian dianalisis dengan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji Independent Sample t-Test. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keteram- pilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas eksperimen yaitu 0,89 yang ber- kategori tinggi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model guided inquiry pada materi larutan penyangga efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kata kunci: guided inquiry, keterampilan berpikir tingkat tinggi, larutan penyangga iv ABSTRACT This study aims to describe the effectiveness of the guided inquiry learning model on buffer solution materials to improve high-level thinking skills. The population in this study is students in grades XI F.1 to XI F.4 at SMA Negeri 13 Bandar Lampung in the 2024/2025 Academic Year. Sampling in this study was conducted using purposive sampling techniques and class XI F.2 was obtained as the experi- mental class and class XI F.3 as the control class. This study is a weak experi- mental with a prettest-posttest control group design. The instruments used were a high-level thinking skills test, a learning implementation assessment scale and an observation sheet for student activities. The research data was analyzed by a difference test of two averages using the Independent Sample t-Test. The results of the independent sample t-test showed that the average n-gain of high-level think- ing skills of students in the experimental class was 0.89 which was in the high category. Based on this, it can be concluded that the guided inquiry model on buffer solution materials is effective in improving high-level thinking skills. Keywords: buffer solutions, guided inquiry, high level thinking skills

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 Oct 2025 14:20
Terakhir diubah: 28 Oct 2025 14:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92245

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir