PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTU E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN PESERTA DIDIK

Shella Okthavia, - (2025) PENGARUH MODEL GUIDED INQUIRY LEARNING BERBANTU E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Shella Okthavia.pdf

Download (63Kb) | Preview
[img] File PDF
File full (tanpa Lampiran - Shella Okthavia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1799Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Tanpa Pembahasan+Lampiran - Shella Okthavia.pdf

Download (1533Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model Guided Inquiry berbantu e-modul terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan komunikasi lisan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain penelitian Pretest-Postest Non equivalent control group. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 13 Bandar Lampung yaitu kelas VII 2 sebagai kelas Eksperimen dan VII 1 sebagai kelas Kontrol yang dipilih dengan teknik Simple random sampling. Kelas Eksperimen menggunakan model Guided Inquiry berbantu e-modul, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode yang biasa digunakan oleh guru yaitu konvensional. Data hasil belajar kognitif didapatkan dari hasil Pretest-posttest yang dianalisis menggunakan teknik analisis Independent sample t-test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 25. Peningkatan keterampilan komunikasi lisan peserta didik diperoleh dengan penilaian menggunakan lembar observasi keterampilan komunikasi kemudian dianalisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2- tailed) 0,003 < 0,05, dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,66 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai N-gain 0,52. Hasil penelitian keterampilan komunikasi lisan menunjukkan bahwa kelas eksperimen meningkat lebih tinggi setelah perlakuan dengan rata-rata 82,1% dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 71,0%. Dengan demikian penerapan model Guided Inquiry berbantu e-modul berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan komunikasi lisan peserta didik. Kata Kunci: e-modul, hasil belajar kognitif, keterampilan komunikasi lisan, Model guided inquiry This study aims to determine the effect of the use of the Guided Inquiry model assisted by e-modules on cognitive learning outcomes and students' oral communication skills. The type of research used in this study is a quasi-experiment with a Pretest-Postest Non-equivalent control group research design. The sample of this study was students of SMP Negeri 13 Bandar Lampung, namely class VII 2 as the Experimental class and VII 1 as the Control class selected using the Simple random sampling technique. The Experimental Class uses the Guided Inquiry model assisted by E-modules, while the Control Class uses the method commonly used by teachers, namely conventional. Cognitive learning outcome data were obtained from the results of the Pretest-posttest which were analyzed using the Independent sample t-test analysis technique with the help of the IBM SPSS Statistic Version 25 application. Improvement in students' oral communication skills was obtained by assessment using a communication skills observation sheet then analyzed quantitatively descriptively. The results showed that the significance level of 0.05 obtained a Sig. value. (2-tailed) 0.003 < 0.05, with an average N-gain of the experimental class of 0.66 higher than the control class with an average N- gain value of 0.52. The results of the oral communication skills study showed that the experimental class increased higher after treatment with an average of 82.1% compared to the control class with an average of 71.0%. Thus, the application of the Guided Inquiry model assisted by E-modules has a significant effect on cognitive learning outcomes and students' oral communication skills. Keyword: E-module, cognitive learning outcomes, oral communication skills, guided inquiry model

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:09
Terakhir diubah: 29 Oct 2025 03:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92267

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir