PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDIT AL-MUHSIN METRO

GUSTIRA , FEBRI SAZITA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SDIT AL-MUHSIN METRO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - GUSTIRA FEBRI SAZITA.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - GUSTIRA FEBRI SAZITA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1640Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN -GUSTIRA FEBRI SAZITA.pdf

Download (1308Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V SDIT Al-Muhsin Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada penerapan media pembelajaran poster terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V SDIT Al-Muhsin Metro Selatan tahun pelajaran 2024/2025. Metode penelitian ini adalah quasi experimental experimental tipe non-equivalent control group design dengan populasi berjumlah 48 orang peserta didik dan sampel sebanyak 48 orang peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa esai dan non tes berupa observasi. .Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pada penggunaan media poster terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V SDIT Al-Muhsin Metro Selatan tahun pelajaran 2024/2025. Kata Kunci : berpikir kritis, IPAS, Poster The problem addressed in this study is the low critical thinking ability of fifth-grade students in the IPAS subject at SDIT Al-Muhsin Metro Selatan. This research aims to determine the effect of using poster-based learning media on students' critical thinking skills in the IPAS subject for the 2024/2025 academic year. The research employed a quasi-experimental method with a non-equivalent control group design. The population consisted of 48 students’ and all were used as research samples, selected through non-probability sampling. The instruments used in this study included essay tests and non-test instruments such as observation sheets. The results indicate that the use of poster media has a significant influence on the critical thinking abilities of fifth-grade students in the IPAS subject at SDIT Al-Muhsin Metro Selatan for the 2024/2025 academic year. Keyword: critical thinking,IPAS,poster

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 29 Oct 2025 07:35
Terakhir diubah: 29 Oct 2025 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92319

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir