Chanty , Okviraswasti (2025) PENGARUH PERMAIANAN MAZE GEOMETRIC TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak Chanty Okviraswasti - canty okviraswasti.pdf Download (236Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Tanpa Lampiran-Chanty Okviraswasti - canty okviraswasti.pdf Restricted to Hanya staf Download (3433Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Tanpa Pembahasan Chanty Okviraswasti - canty okviraswasti.pdf Download (3412Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan maze geometric terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest- posttest design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi berupa ceklist. Teknik analisis uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan permainan maze geometric berpengaruh terhadap kecerdasan visual spasial anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji wilcoxon diperoleh nilai Asm.sig 0,001<0,05. Kecerdasan visual spasial anak dapat dilihat berdasarkan dimensi kepekaan terhadap warna, letak, ukuran, dan kemampuan memecahkan masalah. Kata Kunci : Anak usia dini, permainan maze geometric, kecerdasan visual spasial. This research aims to determine the effect of geometric maze games on the visual- spatial intelligence of young students. This research uses an experimental method with a quantitative approach. The research design used was a pre-experimental one-group pretest-posttest design. The sampling technique used was random sampling involving a total of 18 children. Data was collected through observation using a checklist instrument. Hypothesis testing was carried out using the Wilcoxon Signed-Rank Test. The results of the research show that the use of geometric maze games has a significant influence on the development of children's visual-spatial intelligence. This is proven by the results of the Wilcoxon test which shows Asymp. signature. value 0.001 < 0.05. Visual-spatial intelligence in children is observed based on indicators such as sensitivity to color, position, size, and problem-solving abilities. Keywords : Early childhood, maze geometric games, visual spatial intelligence.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:51 |
| Terakhir diubah: | 29 Oct 2025 07:51 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92325 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
