PENGARUH METODE PERKALIAN JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 1 MARGAJAYA

Yusuf Barruly , - (2025) PENGARUH METODE PERKALIAN JARIMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 1 MARGAJAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - YUSUF BARRULY.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - YUSUF BARRULY.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1300Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - YUSUF BARRULY.pdf

Download (1183Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Matematika peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Margajaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan metode perkalian jarimatika terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 55 dan sampel yang digunakan yaitu 27 peserta didik kelas IV dan 28 orang peserta didik kelas IV A, sampel ditentukan dengan menggunakan sampel jenuh. Data dianalisis dengan uji Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode perkalian jarimatika terhadap kemampuan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV B di SD Negeri 1 Margajaya yang ditunjukkan dengan perolehan nilai Fhitung (26,72) > Ftabel (4,24). Berdasarkan uji R Square metode perkalian jarimatika berpengaruh sebesar 52% terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV B di SD Negeri 1 Margajaya. Kata kunci: hasil belajar, matematika, metode perkalian jarimatika The problem in this study was the low mathematics learning outcomes of fourth- grade students at SD Negeri 1 Margajaya. This study aimed to analyze the effect of applying the Jarimatika multiplication method on students' mathematics learning outcomes. The method used in this study was a quasi-experimental design with the Nonequivalent Control Group Design. The population consisted of 55 students, and the sample used included 27 fourth-grade students and 28 students from class IV A, selected used a saturated sampling technique. The data were analyzed used a simple regression test. The results of this study showed that there was a significant effect of applying the Jarimatika multiplication method on the mathematics learning outcomes of class IV B students at SD Negeri 1 Margajaya, as indicated by the calculated F value (26.72) being greater than the F table value (4.24). Based on the R Square test, the Jarimatika multiplication method affected 52% of the mathematics learning outcomes of class IV B students at SD Negeri 1 Margajaya. Keywords: learning outcomes, mathematics, multiplication method jarimatika

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 30 Oct 2025 01:37
Terakhir diubah: 30 Oct 2025 01:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92352

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir