PANDANGAN SISWA TENTANG FILM ANIMASI TERHADAP KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Dede , Natalis Tri Tunggal (2025) PANDANGAN SISWA TENTANG FILM ANIMASI TERHADAP KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK -Dede Natalis Tri Tunggal.pdf

Download (201Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL -Dede Natalis Tri Tunggal.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN - Dede Natalis Tri Tunggal.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi siswa terhadap penggunaan film animasi dalam meningkatkan kosakata Bahasa Inggris, khususnya di kalangan peserta didik sekolah menengah atas. Data dikumpulkan melalui wawancara semi- terstruktur dengan sepuluh siswa dari SMKN 7 Bandar Lampung yang telah memiliki pengalaman menonton film animasi sebagai bagian dari proses pembelajaran Bahasa Inggris. Subjek penelitian terdiri dari sepuluh siswa yang mengemukakan beragam persepsi terhadap penggunaan film animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% siswa memiliki persepsi positif dalam hal minat, motivasi, dan hasil belajar. Selain itu, 80% siswa merasa lebih percaya diri, 70% mengalami penurunan tingkat stres, dan 60% menganggap pembelajaran menjadi lebih mudah. Para siswa menyatakan bahwa film animasi membantu meningkatkan kosakata (10 siswa), kemampuan berbicara (9 siswa), pelafalan (7 siswa), serta membuat pembelajaran lebih menarik melalui tampilan visual dan konten yang menyenangkan. Namun demikian, beberapa tantangan juga ditemukan, seperti istilah asing yang tidak dikenal (8 siswa), masalah kebahasaan seperti kecepatan berbicara dalam film (7 siswa), dan keterbatasan kosakata (6 siswa). Meskipun menghadapi kendala tersebut, sebagian siswa tetap menganggap film animasi lebih efektif dibandingkan pembelajaran berbasis buku teks (4 siswa). Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan film animasi dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya dalam pengembangan kosakata. Kata kunci: Film animasi, Persepsi siswa, Kosakata, Pembelajaran Bahasa Inggris, Pendekatan kualitatif, Wawancara semi-terstruktur. This study aimed to explore the students’ perceptions of the use of animated movies in relation to improving English vocabulary, particularly among senior high school learners. Data were collected through semi-structured interviews with ten students from SMKN 7 Bandar Lampung who had prior experience watching animated movies as part of their language learning. The subjects were ten students who expressed a range of perceptions toward animated movies. The findings showed that 100% of students reported positive perceptions in terms of interest, motivation, and learning outcomes. Additionally, 80% felt more confident, 70% experienced reduced stress, and 60% perceived lower levels of difficulty. Students stated that animated movies helped improve their vocabulary (10 students), speaking ability (9 students), pronunciation (7 students), and made learning more engaging through interesting visuals and content. However, several challenges were also mentioned. These included unfamiliar terms (8 students), language problems such as the speed of speech (7 students), and limited vocabulary (6 students). Despite these difficulties, students still perceived animated movies as more effective than textbook-based learning (4 students). These findings indicate that the use of animated movies can create a positive and supportive learning environment in English language learning, especially for vocabulary development. Keywords: Animated movie, Students’ Perceptions, Vocabulary, English Lesson, Qualitative approach, Semi-structured interview.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris dan Inggris kuno (Anglo-Saxon)
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bahasa Inggris
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 30 Oct 2025 02:36
Terakhir diubah: 30 Oct 2025 02:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92363

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir