OI’ , KURNIYATI (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 1 BRAJA SAKTI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_OI' KURNIYATI 2113053282 - Oi' kurniyati.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN_OI' KURNIYATI 2113053282 - Oi' kurniyati.pdf Restricted to Hanya staf Download (1483Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI BAB 1,2,3,5 TANPA PEMBAHASAN DAN LAMPIRAN_OI' KURNIYATI 2113053282 - Oi' kurniyati.pdf Download (1341Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman peserta didik terhadap materi abstrak seperti fotosintesis dalam pembelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 1 Braja Sakti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi experimental design) dan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 34 peserta didik yang terdiri dari 18 peserta didik di kelas eksperimen dan 16 peserta didik di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Augmented Reality (AR) efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pelajaran IPAS. Kata Kunci: Augmented Reality (AR), efektivitas, pemahaman IPAS. The problem in this study was the low level of students’ understanding of abstract material, such as photosynthesis, in the IPAS subject. The aim of this study was to determine the effectiveness of using Augmented Reality (AR) media in improving the understanding of fourth-grade students in the IPAS subject at SD Negeri 1 Braja Sakti. This study used a quantitative approach with a quasi-experimental method and a nonequivalent control group design. The research subjects consisted of 34 students, including 18 in the experimental class and 16 in the control class. Data collection techniques included interviews, observations, tests, and documentation. Data analysis used the N-Gain test and simple linear regression. The results showed that Augmented Reality (AR) media was effective in improving students’ understanding in the IPAS subject. Keywords: Augmented Reality (AR), effectiveness, IPAS understanding.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 07:47 |
| Terakhir diubah: | 30 Oct 2025 07:47 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92422 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
