PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN MEMERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

NIRMALA , SARI (2025) PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN MEMERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - 32_Nirmala Sari.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - 32_Nirmala Sari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2774Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - 32_Nirmala Sari.pdf

Download (2329Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya prestasi belajar dari mahasiswa yang mengemban tanggungjawab sebagai pengurus inti memiliki IPK yang terbilang rendah dibandingkan teman seangkatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari keaktifan dalam mengikuti organisasi, status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar dengan memerhatikan motivasi belajar mahasiswa FKIP Universitas Lampung. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa FKIP Universitas Lampung angkatan 2022 dan 2023 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga didapat sebanyak 97 sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Dan untuk pengujian hipotesisnya menggunkan Path Analysis (Analisis Jalur) dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Secara parsial keaktifan berorganisasi dan status sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar; 2) Secara parsial keaktifan berorganisasi, status sosial ekonomi orang tua, dan motivasi belajar memiliki pengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar; 3) Keaktifan berorganisasi memiliki hubungan dengan status sosial ekonomi orang tua; 4) Keaktifan berorganisasi dan status sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh langsung secara simultan terhadap motivasi belajar; dan 5) Keaktifan berorganisasi, status sosial ekonomi orang tua, dan motivasi belajar secara simultan memiliki pengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Keaktifan, Kesejahteraan Ekonomi, Minat Belajar, Organisasi, Prestasi Belajar The background of this research is the academic achievement of students with core positions in student organizations who tend to have a lower GPA compared to their peers. The purpose of this research is to find out the influence of organizational involvement and parents' socio-economic status on academic achievement by considering students’ learning motivation at FKIP University of Lampung. The population in this research is students of FKIP University of Lampung batch 2022 and 2023, with a total of 97 samples selected using the Slovin formula. The method used in this research is descriptive-verificative with an ex post facto and survey approach. Data collection for this research used questionnaires, observation, and documentation. Hypothesis testing used Path Analysis with the SPSS program. The results showed that (1) partially, organizational activeness and parents' socio-economic status have a direct influence on learning achievement; (2) simultaneously, organizational activeness, parents' socio-economic status, and learning motivation have a direct influence on learning achievement; (3) organizational activeness is related to parents' socio- economic status; (4) organizational activeness and parents' socio-economic status have a direct influence simultaneously on learning achievement; and (5) organizational activeness, parents' socio-economic status, and learning motivation simultaneously have a direct influence on learning achievement. Keywords :Activeness, Economic Welfare, Learning Achievement, Learning Interest, Organization.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 03 Nov 2025 04:33
Terakhir diubah: 03 Nov 2025 04:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92622

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir