PUTRI , ADELIA RIZALDY (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - PUTRI ADELIA RIZALDY.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - PUTRI ADELIA RIZALDY.pdf Restricted to Hanya staf Download (1192Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - PUTRI ADELIA RIZALDY.pdf Download (922Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik di kelas I di SDN 8 Metro Timur. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel berjumlah 48 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan tes membaca, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu kata terdahap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I sekolah dasar. Kata Kunci: kartu kata, media, membaca permulaan The problem in this study was the low initial reading ability of first-grade students at SDN 8 Metro Timur. This was caused by the lack of appropriate use of instructional media. The aim of this study was to determine the effect of using word card media on the initial reading ability of first-grade elementary school students. This research was quantitative in nature. The research method used was quasi-experimental with a nonequivalent control group design. The sample included 48 students, determined through purposive sampling techniques. Data were collected using reading tests, observation, and documentation. The prerequisite tests for data analysis used normality and homogeneity tests. The hypothesis test used simple linear regression analysis. The results of the study showed that there was an effect of using word card media on the initial reading ability of first-grade elementary school students. Keywords: word cards, media, beginning reading
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 04:16 |
| Terakhir diubah: | 05 Nov 2025 04:16 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92720 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
