WINDA , ERISKA (2025) ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS V SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - WINDA ERISKA.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - WINDA ERISKA.pdf Restricted to Hanya staf Download (463Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - WINDA ERISKA.pdf Download (377Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan yang dialami peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 1 Srikaton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dan wali kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik mengalami berbagai kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita diantaranya: memahami isi teks bacaan, menemukan ide pokok, menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan, dan menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sendiri. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, kesulitan belajar, soal cerita The problem in this research was the difficulties experienced by the students was solving story problems in the Indonesian language subject of the fifth grade at SDN 1 Srikaton. This research aimed to describe the difficulties faced by the students was solving story problems was the Indonesian language subject. The research method was descriptive qualitative with a case study design. The subjects was this research were the students and the fifth-grade homeroom teacher. The data collection techniques used were observation, interview, documentation study, and questionnaire. The results of the research showed that the students experienced various difficulties in solving story problems, including understanding the content of the reading text, finding the main idea, answering questions related to the content of the reading, and retelling the content of the reading using their own words. Keywords: Indonesian language, learning difficulties, story problems
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 07:13 |
| Terakhir diubah: | 06 Nov 2025 07:13 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92770 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
