IRMA , NITA YUNIZAR (2025) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_Irma Nita Yunizar_ 2113053046 - Irma Nita Yunizar.pdf Download (396Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi_Irma Nita Yunizar_2113053046 Upload_Tanpa Lampiran - Irma Nita Yunizar.pdf Restricted to Hanya staf Download (1884Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi_Irma Nita Yunizar_2113053046 Upload_Tanpa Pembahasan - Irma Nita Yunizar.pdf Download (2037Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sidodadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre- Experimental dengan The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini berjumlah 45 peserta didik dengan sampel sebanyak 24 peserta didik yang ditentukan menggunakan convenience sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t (paired sampel t-test) hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi (2- tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat penerapan Model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sidodadi. Kata kunci: discovery learning, matematika, pemecahan masalah. The problem of this research was the low mathematical problem-solving ability of fifth-grade students at SD Negeri 1 Sidodadi. This study aimed to determine the application of the Discovery Learning model to the mathematical problem-solving ability of fifth-grade elementary school students. The approach used in this research was a quantitative approach with an experimental research type. The method used was Pre-Experimental with the One Group Pretest-Posttest Design. The population of this study consisted of 45 students, and the sample consisted of 24 students determined using convenience sampling. The data collection techniques used in this study were tests and non-tests. Based on hypothesis testing using the t-test (paired sample t-test), the results showed a significance value (2-tailed) of 0.000 < 0.05, thus Ho was rejected and Ha was accepted. This indicated that the application of the Discovery Learning model had a significant effect on the mathematical problem- solving ability of fifth-grade students at SD Negeri 1 Sidodadi. Keywords: discovery learning, mathematics, problem solving.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:39 |
| Terakhir diubah: | 07 Nov 2025 03:39 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92791 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
