PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL OPEN THE BOX PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD

NIKI , SASI KIRANI (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL OPEN THE BOX PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Skripsi Penelitian_Niki Sasi Kirani - Niki Sasi Kirani.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Penelitian Tanpa Lampiran_Niki Sasi Kirani - Niki Sasi Kirani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1810Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Penelitian FIX Tanpa Pembahasan dan Lampiran_Niki Sasi Kirani - Niki Sasi Kirani.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 2 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Wordwall Open The Box. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Metro Utara berjumlah 40 peserta didik dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian adalah terdapat nilai Fhitung > Ftabel yaitu 23,963 > 4,41 dengan interpretasi bahwa Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran berbasis Wordwall Open The Box pada mata pelajaran IPAS terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SD Negeri 2 Metro Utara. Kata Kunci: berpikir kritis, wordwall, IPAS ABSTRACT The problem in this study was the low level of critical thinking skills in the grade IV IPAS subject at SD Negeri 2 Metro Utara. The study aimed to determine the effect of using the Wordwall Open The Box learning resource. A quasi- experimental design with a quantitative approach was used in this research. The population consisted of all fourth grade students at SD Negeri 2 Metro Utara, totalling 40 students, who were selected using purposive sampling. Data were collected through observation, interviews, documentation, and tests. The research data were analysed using simple linear regression. The results of the study showed that the Fcount value was greater than the Ftable value, 23.963 > 4.41, indicating that Ha was accepted. This means that there was a positive and significant influence of Wordwall Open The Box based learning media on the critical thinking skills of Year 4 students at SD Negeri 2 Metro Utara in IPAS subjects. Keywords: critical thinking, wordwall, IPAS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 07 Nov 2025 13:24
Terakhir diubah: 07 Nov 2025 13:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92868

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir