Fitria , Rahmawati (2025) HUBUNGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI FITRIA RAHMAWATI - Fitria Rahma.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FITRIA RAHMAWATI PGPAUD(2113054058) - Fitria Rahma.pdf Restricted to Hanya staf Download (3547Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN FITRIA RAHMAWATI - Fitria Rahma.pdf Download (3471Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari perkembangan motorik halus dengan kemampuan menulis permulaan anak usia 5- 6 tahun. Jenis dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa TKIT Anak Cerdas Bandar Lampung pada kelompok usia 5-6 tahun yang berjumlah 46 anak yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Uji hipotesis meliputi uji korelasi product moment dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perkembangan motorik halus dengan kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun, hal ini dibuktikan dengan rhitung 0,410 lebih besar dari nilai rtabel 0,291 dengan taraf signifikansi 5% dan berada dalam kategori sedang. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Motorik Halus, Menulis Permulaan This research was motivated by the issue of low writing ability in children aged 5- 6 years. This study aims to determine the relationship between fine motor development and early writing ability in children aged 5-6 years. This research employed a quantitative approach with correlational analysis techniques. The research sample consisted of 46 children aged 5-6 years from TKIT Anak Cerdas Bandar Lampung, selected using purposive sampling technique. Hypothesis testing included the Product Moment correlation test and a significance test. The results of the study indicate that there is a significant relationship between fine motor development and early writing ability in children aged 5-6 years. This is evidenced by an rcount of 0.410, which is greater than the rtable value of 0.291 at a 5% significance level, falling into the moderate category. Keywords: Early Childhood, Fine Motor Skills, Early Writing
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 03:54 |
| Terakhir diubah: | 10 Nov 2025 03:54 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92904 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
