PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD

DEVARA , TRIAMONICA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - DEVARA TRIAMONICA.pdf

Download (274Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - DEVARA TRIAMONICA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2173Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - DEVARA TRIAMONICA.pdf

Download (2031Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 6 Metro Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment) dan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 53 peserta didik, terdiri dari kelas IV B sebagai kelas eksperimen (27 peserta didik) dan kelas IV C sebagai kelas kontrol (26 peserta didik). Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes dan lembar observasi. Hasil uji N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,7621, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,5489, dengan selisih 0,2132. Berdasarkan analisis ANOVA, diperoleh nilai Fhitung sebesar 149,080 > Ftabel 4,24 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan model Mind Mapping terhadap hasil belajar peserta didik. Model ini juga menjelaskan sebagian besar variasi hasil belajar peserta didik melalui nilai Sum of Squares Regression sebesar 1034,009 dari total variasi 1207,407. Dengan demikian, model Mind Mapping efektif digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila di tingkat sekolah dasar. Kata kunci: mind mapping, hasil belajar, pendidikan pancasila, sekolah dasar, model pembelajaran This study was motivated by the low learning outcomes of students in the subject of Pancasila Education. The purpose of this research is to determine the effect of the Mind Mapping learning model on the learning outcomes of fourth-grade students at SD Negeri 6 Metro Barat. The study employed a quantitative method with a quasi-experimental approach using a non-equivalent control group design. The sampling technique used was purposive sampling, with a total of 53 students, consisting of Class IV C as the experimental group (27 students) and Class IV B as the control group (26 students). Data were collected through tests and observation sheets. The N-Gain test results showed an average increase in learning outcomes in the experimental class of 0.7621, which was higher than the control class, which scored 0.5489, with a difference of 0.2132. Based on the ANOVA analysis, the calculated Fvalue was 149.080, greater than the Ftable value of 4.24, with a significance value of 0.000 < 0.05, indicating a significant effect of the Mind Mapping model on students' learning outcomes. The model also accounted for a large proportion of the variation in learning outcomes, with a Regression Sum of Squares of 1034.009 out of a Total Sum of Squares of 1207.407. Thus, the Mind Mapping learning model is effective as an alternative instructional strategy to improve Pancasila Education learning outcomes at the elementary school level. Keywords: mind mapping, learning outcomes, pancasila education, elementary school, learning model

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 11 Nov 2025 07:46
Terakhir diubah: 11 Nov 2025 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92993

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir