Annisa , Nur Hidayah (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - Annisa Nur Hidayah .pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - Annisa Nur Hidayah .pdf Restricted to Hanya staf Download (1352Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Annisa Nur Hidayah .pdf Download (1217Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantu media flashcard terhadap kemampuan berpikir kritis berbantuan flashcard peserta didik. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan desain penelitian menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 40 peserta didik. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh pada penerapan model kooperatif tipe Make a Match berbantu media flashcard terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran pendidikan pancasila kelas IV SD Negeri 6 Metro Timur dengan Fhitung > Ftabel yaitu 23,919 > 4,41. Kata kunci: berpikir kritis, model kooperatif, make a match, flashcard The problem in this research was the low level of critical thinking skills of fourth grade students at SD Negeri 6 Metro Timur. This research aimed to find out the effect of using the cooperative learning model Make a Match assisted by flashcard media on students’ critical thinking skills. The method used was Quasi Experimental Design with a Non-equivalent Control Group Design. The sampling technique used was non-probability sampling. The population and sample of the research were 40 students. The data collection techniques used tests and non-test instruments. The data analysis technique used simple regression test. The result of the research showed that there was an effect of using the Make a Match cooperative learning model assisted by flashcards on students’ critical thinking skills in Pancasila education, with Fcount > Ftable, which was 23.919 > 4.41. Keyword: critical thinking, cooperative model, make a match, flashcard.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 07:54 |
| Terakhir diubah: | 11 Nov 2025 07:54 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92996 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
