INDIKA , SALSABILA (2025) PENGARUH PENDEKATAN RELIGIUS DALAM PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP ASPEK AFEKTIF PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT - INDIKA SALSABILA.pdf Download (238Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL - INDIKA SALSABILA.pdf Restricted to Hanya staf Download (1344Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - INDIKA SALSABILA.pdf Download (1288Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini yaitu sikap peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Bangunrejo yang masih kurang dari apa yang diharapkan oleh pendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan religius dalam pelajaran pendidikan pancasila terhadap aspek afektif peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan jenis penelitian kuantitatif dan desain nonequivalent control group design. Populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 49 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes berupa angket dan observasi. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada pendekatan religius dalam pelajaran pendidikan pancasila terhadap aspek afektif peserta didik sekolah dasar tahun pelajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil uji hipotesis, nilai signifikansi sebesar 0,036, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: aspek afektif, pendeketan religius, pendidikan pancasila The problem in this study was the attitude of grade IV students of SD Negeri 1 Bangunrejo which was still less than what was expected by educators. The purpose of this study was to determine the effect of a religious approach in Pancasila education lessons on the affective aspects of elementary school students. The research method used quasi-experimental with a quantitative research type and a nonequivalent control group design. The population and sample in this study were 49 students. The sample determination used a saturated sampling technique. The data collection technique used a non-test technique in the form of a questionnaire and observation. Data were analyzed using simple linear regression. The results showed that there was a significant effect of a religious approach in Pancasila education lessons on the affective aspects of elementary school students in the 2024/2025 academic year. Based on the results of the hypothesis test, the significance value was 0.036, so Ha was accepted and Ho was rejected. Keywords: affective aspect, religious approach, pancasila education
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 07:58 |
| Terakhir diubah: | 11 Nov 2025 07:58 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/92997 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
