PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

EFRITA , DWI SHARENTINIE (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_EFRITA DWI SHARENTINIE - Efrita Dwi Sharentinie.pdf

Download (194Kb) | Preview
[img] File PDF
DRAFT SKRIPSI FULL_EFRITA DWI SHARENTINIE (TANPA LAMPIRAN) - Efrita Dwi Sharentinie.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1622Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
DRAFT SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN_EFRITA DWI SHARENTINIE (TANPA LAMPIRAN) - Efrita Dwi Sharentinie.pdf

Download (1565Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal lambang bilangan anak di usia 5-6 tahun yang belum sesuai dengan tahap perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran make a match terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest- posttest. Sampel dalam penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Tk Aisyiyah 1 Labuhan Ratu yang berjumlah 10 anak dengan menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Wilcoxon signed rank test. Berdasarkan hasil data yang diperoleh menunjukan adanya pengaruh dari penggunaan metode pembelajaran make a match terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun hasil analisis data diperoleh Asymp.sig sebesar 0,005 dan hipotesis penelitian diterima jika Asymp.sig < 0,05. Maka nilai signifikansi penelitian ini lebih kecil dari 0,05 dan hipotesis diterima. Kata kunci: anak usia dini, make a match, kemampuan mengenal lambang bilangan The problem in this study is that the ability of children aged 5–6 years to recognize number symbols is not yet in accordance with their developmental stage. This research aims to determine the effect of using the Make a Match learning method on the ability to recognize number symbols in children aged 5–6 years. The research method used is an experimental method with a one-group pretest-posttest design. The sample in this study consisted of 10 children aged 5–6 years at TK Aisyiyah 1 Labuhan Ratu, selected using purposive sampling. The data collection technique used was observation. The data analysis technique employed in this study was the Wilcoxon Signed Rank Test. Based on the results obtained, there was an effect of using the Make a Match learning method on the ability to recognize number symbols in children aged 5–6 years. The data analysis showed an Asymp. Sig. value of 0.005, and the research hypothesis is accepted if Asymp. Sig. < 0.05. Therefore, the significance value in this study is less than 0.05, and the hypothesis is accepted. Keywords: early childhood, make a match, ability to recognize symbol of numbers

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pengguna Deposit: UPT . Desi Zulfi Melasari
Date Deposited: 12 Nov 2025 02:45
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 02:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93038

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir