INTAN , YULANDRA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - INTAN YULANDRA.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FILE FULL - INTAN YULANDRA.pdf Restricted to Hanya staf Download (2037Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
FILE FULL TANPA BAB 4 - INTAN YULANDRA.pdf Download (2003Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model creative problem solving terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Gajah Mada Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 yang terdistribusi dalam tiga kelas. Melalui teknik cluster random sampling terpilih kelas VII B dan VII C yang masing-masing terdiri dari 20 siswa sebagai sampel penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitan ini adalah data kuantitatif yang diperoleh melalui tes berbentuk uraian pada materi relasi dan fungsi. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis uji data menunjukkan bahwa rata-rata skor N-gain kemampuan literasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran creative problem solving lebih tinggi daripada rata-rata skor N-gain kemampuan literasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajaran creative problem solving berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Kata Kunci: creative problem solving, kemampuan literasi matematis, pengaruh This study aims to determine the effect of the creative problem solving model on students' mathematical literacy skills. The population in this study were all students of class VII of Gajah Mada Junior High School, Bandar Lampung, in the 2024/2025 academic year distributed into three classes. Through the cluster random sampling technique, classes VII B and VII C were selected, each consisting of 20 students as research samples. The research design used was the pretest-posttest control group design. The data of this study were quantitative data obtained through descriptive tests on the material of relations and functions. The data analysis used was the t-test. The results of the data test analysis showed that the average N-gain score of mathematical literacy skills of students who took creative problem solving learning was higher than the average N-gain score of mathematical literacy skills of students who took conventional learning. Thus, the creative problem solving learning model has an effect on students' mathematical literacy skills. Keywords: creative problem solving, mathematical literacy ability, influence
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Desi Zulfi Melasari |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 03:31 |
| Terakhir diubah: | 12 Nov 2025 03:31 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93064 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
