AVA, NAFISA (2025) PERSIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM MERANCANG PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMAN 1 SEPUTIH SURABAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (206Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1578Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1366Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan guru geografi dalam merancang pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka serta mengidentifikasi hambatan yang dialami dalam proses tersebut di SMAN 1 Seputih Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah guru geografi, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru geografi telah melakukan berbagai persiapan yang meliputi pemahaman konsep kurikulum merdeka, penyusunan modul ajar dan rencana pembelajaran yang fleksibel, penyesuaian materi dengan konteks lokal, serta pemanfaatan media dan sumber belajar variatif, termasuk teknologi digital dan lingkungan sekitar. Persiapan tersebut bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang kontekstual, partisipatif, dan selaras dengan pengembangan profil pelajar pancasila. Namun demikian, dalam pelaksanaannya guru menghadapi sejumlah hambatan, antara lain keterbatasan pemahaman teknis, keterbatasan waktu, keterbatasan sarana dan prasarana, resistensi terhadap perubahan kurikulum, serta variasi kemampuan siswa yang menuntut pembelajaran berdiferensiasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa persiapan guru sudah berjalan dengan baik, tetapi implementasi kurikulum merdeka masih membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, baik dalam bentuk peningkatan kompetensi guru, penyediaan sarana-prasarana, maupun pendampingan berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi guru, sekolah, dan pemangku kebijakan dalam meningkatkan kualitas perencanaan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka. Kata kunci: Persiapan guru, pembelajaran geografi, kurikulum merdeka, hambatan guru
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Geografi IPS |
| Pengguna Deposit: | 2507377407 Digilib |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:51 |
| Terakhir diubah: | 13 Nov 2025 01:51 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93067 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
