PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Ester , Noviasari Sinaga (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_ESTER NOVIASARI SINAGA - Ester Noviasari Sinaga.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRPISI FULL BAB 1-5_ESTER NOVIASARI SINAGA - Ester Noviasari Sinaga.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1669Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRPISI FULL TANPA PEMBAHASAN_ESTER NOVIASARI SINAGA - Ester Noviasari Sinaga.pdf

Download (1504Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku interaksi sosial anak usia 5-6 tahun. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun, dengan menggunakan teknik sampel random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk mengukur penggunaan gadget dan perilaku interaksi sosial anak. Hasil penelitian di analisis dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan negatif antara penggunaan gadget terhadap perilaku interaksi sosial anak, dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 (< 0,05), nilai koefisien regresi X sebesar -0,478 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,373. Artinya, sebesar 37,3% perubahan perilaku interaksi sosial anak dipengaruhi oleh penggunaan gadget, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Sedangkan nilai koefisien regresi menujkkan bahwa semakin tinggi penggunaan gadget maka semakin rendah perilaku interaksi sosial anak. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun penggunaan gadget memberikan pengaruh terhadap perilaku sosial anak, namun pengaruh tersebut tergolong rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan peran aktif orang tua dalam mengawasi durasi dan konten penggunaan gadget agar tidak menghambat perkembangan sosial anak usia dini. Kata Kunci: penggunaan gadget, interaksi sosial This study aims to determine the effect of gadget use on the social interaction behavior of children aged 5-6 years. The researcher used a quantitative research type with the ex-post facto method. The sample in this study was 100 parents who had children aged 5-6 years, using a random sampling technique. Data collection in this study used a questionnaire to measure gadget use and children's social interaction behavior. The results of the study were analyzed using a simple linear regression test. The results of the analysis showed that there was a significant and negative influence between gadget use and children's social interaction behavior, with a significance value of 0.00 (<0.05), a regression coefficient value of X of - 0.478 and a determination coefficient value (R2) of 0.373. This means that 37.3% of changes in children's social interaction behavior are influenced by gadget use, while the rest are influenced by other factors outside the research variables. While the regression coefficient value shows that the higher the use of gadgets, the lower the child's social interaction behavior. This finding shows that although gadget use has an influence on children's social behavior, the influence is relatively low. Therefore, an active role is needed from parents in monitoring the duration and content of gadget use so as not to hinder the social development of early childhood. Keywords: gadget usage, social interaction

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Nov 2025 04:08
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93083

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir