PENGARUH ROLE PLAYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN

Chaca , Trimarchela (2025) PENGARUH ROLE PLAYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Chaca Trimarchela.pdf

Download (221Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI TANPA LAMPIRAN ISI - Chaca Trimarchela.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3714Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Chaca Trimarchela.pdf

Download (3525Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kepercayaan diri anak usia 5–6 tahun yang berdampak pada kurangnya keberanian anak untuk tampil di depan kelas, berinteraksi secara sosial, dan mengungkapkan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap peningkatan kepercayaan diri anak usia 5–6 tahun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari anak kelas B1 dan B2 di TK Aisyiyah II Tanjung Karang Pusat, masing- masing berjumlah 12 anak yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh role playing terhadap kepercayaan diri anak yang dibuktikan dengan hasil pada uji Mann Whitney (Sig 2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,7528 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,3169 dalam kategori sedang. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh role playing terhadap kepercayaan diri anak usia dini sehingga Ha diterima. Kata Kunci: anak usia dini, metode pembelajaran, role playing, kepercayaan diri The problem in this study is the low self-confidence of children aged 5–6 years, which impacts their lack of courage to perform in front of the class, engage in social interactions, and express opinions. This study aims to determine the effect of the role-playing method on improving the self-confidence of children aged 5–6 years. The approach used in this study is a quantitative approach with a quasi- experimental method and a nonequivalent control group design. The sample consisted of children from classes B1 and B2 at TK Aisyiyah II Tanjung Karang Pusat, each totaling 12 children, selected using purposive sampling. Data collection techniques included observation and documentation. The results showed that the role-playing method had a significant effect on children’s self- confidence, as evidenced by the Mann-Whitney test with a significance value (Sig. 2-tailed) of 0.001 (< 0.05). The N-Gain test results showed that the experimental class achieved a score of 0.7528, categorized as high, while the control class achieved a score of 0.3169, categorized as moderate. These findings indicate that the role-playing method positively influences the self-confidence of young children, thus the alternative hypothesis Ha is accepted. Keywords: early childhood, learning method, role playing, self-confidence

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 12 Nov 2025 06:36
Terakhir diubah: 12 Nov 2025 06:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93104

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir