Adila , Hana Putri (2025) PENGARUH PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK TERHADAP KEPATUHAN TATA TERTIB DI SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3961Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan moral terhadap kepatuhan tata tertib di SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi 1.047 peserta didik kelas X, XI, dan XII. Sampel penelitian berjumlah 91 peserta didik (10% dari populasi). Instrumen penelitian berupa angket dengan variabel bebas (X) perkembangan moral dan variabel terikat (Y) kepatuhan tata tertib. Analisis data menggunakan uji statistik dengan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan moral berpengaruh positif terhadap kepatuhan tata tertib. Nilai koefisien determinasi sebesar 51,1% menunjukkan besarnya pengaruh perkembangan moral, sedangkan 48,9% dipengaruhi faktor lain. Temuan ini menegaskan bahwa aspek moral, seperti empati, kepatuhan pada aturan, penghargaan terhadap pendapat orang lain, serta tanggung jawab sosial, berperan penting dalam mendorong kepatuhan siswa secara sadar, bukan semata karena pengawasan. dengan demikian, semakin baik perkembangan moral peserta didik, semakin tinggi pula kepatuhan terhadap tata tertib sekolah. Kata Kunci: Perkembangan moral, Kepatuhan, Tata tertib, Peserta didik, SMA
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) |
| Pengguna Deposit: | 2507856822 Digilib |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 01:57 |
| Terakhir diubah: | 13 Nov 2025 01:57 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93147 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
