EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN TERMOKIMIA

Arlis , Afi Fatuzzahro (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS GREEN CHEMISTRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN TERMOKIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
Abstrak Arlis Afi Fatuzzahro.pdf

Download (247Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN - Arlis Afi Fatuzzahro.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1954Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN ARLIS - Arlis Afi Fatuzzahro.pdf

Download (2025Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis green chemistry untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan kompetensi pembelajaran termokimia. Metode pe- nelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan desain pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Raman Utara Tahun Ajaran 2024/2025 yang berjumlah 147 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis green chemistry dan kelas kontrol dite- rapkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretes dan postes, lembar obeservasi aktivitas peserta didik, dan lembar keter- laksanaan pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji independent sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan proses sains dan penguasaan kompetensi pembelajaran termokimia di kelas eksperimen berkriteria tinggi dibandingkan dengan rata-rata n-gain kete- rampilan proses sains dan penguasaan kompetensi pembelajaran termokimia di kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbim- bing berbasis green chemistry efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan kompetensi pembelajasran termokimia. Kata Kunci: Green Chemistry, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Kompetensi, Termokimia This study aims to describe the effectiveness of guided inquiry learning models based on green chemistry to improve science process skills and mastery of ther- moschemistry learning competencies. The research method used is quasi experi- mental with a pretest-posttest control group design. The population in this study were all grade XI students at SMA Negeri 1 Raman Utara in the 2024/2025 Aca- demic Year, totaling 147 students. Sampling in this study used a purposive sam- pling technique. The research sample was class XI.1 as the experimental class and class XI.2 as the control class. In the experimental class, a guided inquiry learning model based on green chemistry was applied and the control class ap- plied conventional learning. The research instruments used were pretest and post- test questions, student activity observation sheets, and learning implementation sheets. The data analysis technique in this study used the independent sample T- Test. The results of the study showed that the average n-gain of science process skills and mastery of thermochemistry learning competencies in the experimental class had high criteria compared to the average n-gain of science process skills and mastery of thermochemistry learning competencies in the control class. This indicates that the guided inquiry learning model based on green chemistry is effective in improving science process skills and mastery of thermochemistry learning competencies. Keywords: Guided Inquiry, Green Chemistry, Science Process Skills, Mastery of Competencies, Thermochemistry

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 13 Nov 2025 01:13
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 01:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93152

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir