EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA SMA DALAM MENGAMATI DAN MENGINFERENSI

HANA , ADELYA (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA SMA DALAM MENGAMATI DAN MENGINFERENSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - 21 C_Hana Adelya.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img] File PDF
skripsi full - 21 C_Hana Adelya.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1466Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
skripsi tanpa pembahasan - 21 C_Hana Adelya.pdf

Download (1128Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery learning pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk me- ningkatkan keterampilan siswa SMA dalam mengamati dan menginferensi. Metode penelitian yang digunakan adalah weak eksperimental dengan The-statik group preetest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAS Persada Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025 yang ber- jumlah 46 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI.1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI.2 sebagai kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diterapkan model pem- belajaran discovery learning dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konven- sional. Instrumen pada penelitian ini menggunakan postes materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, lembar observasi aktivitas siswa, dan skala penilaian keter- laksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menghitung rata- rata skor postes dan menghitung rata-rata n-gain keterampilan mengamati dan menginferensi setiap kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor postes di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan diperoleh rata-rata n-gain di kelas eksperimen berkategori tinggi. Berdasarkan hal tersebut disimpul- kan bahwa model pembelajaran discovery learning efektif dalam meningkatkan keterampilan mengamati dan menginferensi pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kata Kunci:Discovery Learning, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, Keterampilan Mengamati dan Menginferensi. ABSTRACT This study aims to describe the effectiveness of the discovery learning model on the material of solubility and solubility product to improve high school students' skills in observing and inferring. The research method used is weak experimental with The-static group pretest posttest design. The population in this study were all students of class XI at SMAS Persada Bandar Lampung in the 2024/2025 Academic Year totaling 46 students. Sampling in this study used the total sampling technique. The research sample was class XI.1 as the control class and class XI.2 as the experimental class. In the experimental class, the discovery learning model was applied and the control class applied conventional learning. The instruments in this study used a post-test on the material of solubility and solubility product, student activity observation sheets, and a scale for assessing the implementation of learning. The data obtained were analyzed by calculating the average post-test score and calculating the average n-gain of the skills of observing and inferring each class. The results showed that the average post-test score in the experimental class was higher than the control class and the average n-gain in the experimental class was in the high category. Based on this, it is concluded that the discovery learning model is effective in improving observation and inference skills in the material on solubility and solubility product. Keywords:Discovery Learning, Observing and Inferring Skills, Solubility and Solubility Product.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 13 Nov 2025 08:08
Terakhir diubah: 13 Nov 2025 08:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93265

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir