Thesa , Amelia Br Sitepu (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK_Thesa Amelia Br Sitepu - thesa amelia sitepu.pdf Download (222Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FULL SKRIPSI_Thesa Amelia Br Sitepu - thesa amelia sitepu.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_Thesa Amelia Br Sitepu - thesa amelia sitepu.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Model pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran yang menggabungkan pengetahuan awal yang dimiliki sebelumnya dengan pengetahuan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan metode eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 yang terdistribusi ke dalam 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelompok kontrol, yang dipilih melalui teknik purposive random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Data penelitian berupa data kuantitatif kemampuan pemecahan masalah matematis yang dikumpulkan melalui tes berbentuk uraian pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model generatif lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran generatif berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: generatif, kemampuan pemecahan masalah matematis, pengaruh The generative learning model is a learning model that combines prior knowledge with new knowledge. This study aimed to determine the effect of generative learning models on students' mathematical problem solving abilities by applying a quasi- experimental method. The population of this study was all VIII grade students of SMP Negeri 19 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year which were distributed into 10 classes. The samples of this study were students of class VIII.5 as the experimental group and class VIII.4 as the control group, which were selected through purposive random sampling technique. The research design used was posttest only control group. Research data in the form of quantitative data on mathematical problem solving skills collected by essay test on the material of the surface area of flat-sided spaces. Data analysis used Mann-Whitney U test. Based on the results of data analysis, it was found that the increasing of mathematical problem solving ability of students who participated in learning with generative model was higher than the increasing of mathematical problem solving ability of students who participated in learning with conventional model. Therefore, it can be concluded that the generative learning model has an effect on students' mathematical problem-solving abilities. Keywords: effect, generative, mathematical problem solving ability
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 01:53 |
| Terakhir diubah: | 14 Nov 2025 01:53 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93316 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
