IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA TINGKAT KETERLIBATAN SISWA DI SMA NEGERI 1 SEPUTIH SURABAYA

Muhammad Fazrul Falah, - (2025) IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA TINGKAT KETERLIBATAN SISWA DI SMA NEGERI 1 SEPUTIH SURABAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - MUHAMMAD FAZRUL FALAH.pdf

Download (332Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - MUHAMMAD FAZRUL FALAH.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1055Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN - MUHAMMAD FAZRUL FALAH.pdf

Download (832Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Student engagement atau keterlibatan siswa menjadi salah satu bagian terpenting bagi siswa dalam proses pembelajaran, namun kenyataanya terdapat siswa yang tidak berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya tingkat keterlibatan siswa. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif yang melibatkan 44 siswa yang terbagi menjadi 8 kelompok. Pengambilan sampel ditentukan secara purposive sampling, dengan alat pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dan analisis data dibantu menggunakan softwere ATLAS.TI 9. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat 6 faktor yang mempengaruhi rendahnya tingkat keterlibatan siwa dalam proses pembelajaran, yaitu faktor guru,lingkungan pertemanan, susasana kelas, susasana pembelajaran, kurikulum dan kondisi fisik. Dari faktor- faktor diatas faktor yang mendominasi rendahnya tingkat keterlibatan dalam proses pembelajaran yaitu faktor guru dan faktor suasana pembelajaran. Kata kunci: Keterlibatan siswa, sekolah, pembelajaran Student engagement is one of the most important aspects for students in the learning process. However, in reality, some students do not actively participate in classroom learning activities. This study aims to identify the factors that contribute to low levels of student engagement. The research method employed is a qualitative case study involving 44 students divided into 8 groups. The sampling was conducted using purposive sampling, with data collected through semi- structured interviews and analyzed using ATLAS.TI 9 software. The results of this study reveal six factors that influence low levels of student engagement in the learning process: teacher-related factors, peer environment, classroom atmosphere, learning atmosphere, curriculum, and physical condition. Among these factors, the most dominant contributors to low engagement are teacher- related factors and the learning atmosphere. Keywords: Student engagement, school, learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT . Ery Elyasari
Date Deposited: 14 Nov 2025 02:44
Terakhir diubah: 14 Nov 2025 02:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93341

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir