PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERORIENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

ZIHAN , MEIDINA AZZAHRA (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING BERORIENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Skripsi Zihan_Abstrak - Zihan.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Zihan_Full Skripsi Revisi - Zihan.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3126Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Zihan_Tanpa Bab Pembahasan Revisi - Zihan.pdf

Download (2079Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas IV SDIT Al Muhsin Metro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem-Based Learning (PBL) berorientasi profil pelajar Pancasila terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental jenis nonequivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 79 peserta didik, dengan sampel sebanyak 34 peserta didik yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model Problem-Based Learning (PBL) berorientasi profil pelajar Pancasila terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik kelas IV SDIT Al Muhsin Metro. Kata kunci: literasi numerasi, problem based learning, profil pelajar pancasila ABSTRACT The issue addressed in this study was the low numeracy literacy skills of fourth- grade students at SDIT Al Muhsin Metro. This research aimed to examine the effect of implementing the Problem-Based Learning (PBL) model oriented toward the Pancasila Student Profile on students' numeracy literacy skills. The study employed a quantitative method with a quasi-experimental design using a nonequivalent control group design. The population consisted of 79 students, with a sample of 34 students selected through purposive sampling. The results of this research were that the implementation of the Problem-Based Learning (PBL) model oriented toward the Pancasila student profile significantly affected the numeracy literacy skills of fourth-grade students at SDIT Al Muhsin Metro. Keywords: numeracy literacy, pancasila student profile, problem-based learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 16 Nov 2025 06:35
Terakhir diubah: 16 Nov 2025 06:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93439

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir