Putri , Nova Liani (2025) PENGARUH OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK USIA 4-5 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak Putri - Putri Nova Liani.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
|
File PDF
FIKS SKRIPSI PUTRI NOVA LIANI (3) - Putri Nova Liani.pdf Restricted to Hanya staf Download (1746Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi Putri Tanpa Pembahasan - Putri Nova Liani.pdf Download (1856Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan interpersonal anak usia 4-5 tahun belum sesuai dengan tahapan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh outdoor learning terhadap kemampuan interpersonal anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Permata, Bandar Lampung. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 85 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 78. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independenet sample t-test memperoleh nilaai Sig (2-tailed) sebesar 0,000<0,5 Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan pengaruh kemampuan interpersonal pada anak usia 4-5 tahun yang menggunakan aktivitas outdoor learning dengan kemampuan interpersonal anak yang tidak menggunakan aktivitas outdoor learning. Kata kunci: outdoor learning, kemampuan interpersonal, anak usia dini The problem in this study is that the interpersonal skills of children aged 4-5 years are not in accordance with their developmental stages. This study aims to determine the effect of outdoor learning on the interpersonal skills of children aged 4-5 years at Tunas Permata Kindergarten, Bandar Lampung. This type of research is quantitative with a quasi-experimental approach. The research design used is nonequivalent control group design. The data collection technique used is observation. The data analysis technique used in this study is the independent sample t-test. The results of the study showed an increase in the average value after being given treatment in the experimental class and the control class had a difference. In the experimental class, the average value was 85 while in the control class it was 78. The results of the hypothesistest using the independent sample t-test obtained a Sig value (2-tailed) of 0.000 <0.5 Ha accepted, which means that there is a difference in the influence of interpersonal skills in children aged 4-5 years who use outdoor learning activities with the interpersonalskills of children who do not use outdoor learning activities. Keywords: outdoor learning, interpersonal skills, early childhood
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 02:04 |
| Terakhir diubah: | 18 Nov 2025 02:04 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93506 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
