PENGEMBANGAN e-LKPD MODEL MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR SISTEM

VIDI , AYU WININGDYAH (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD MODEL MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR SISTEM. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (2) - Vidi Ayu Winingdyah.pdf

Download (232Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Vidi Ayu Winingdyah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2102Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Vidi Ayu Winingdyah.pdf

Download (1335Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk, mendeskripsikan keprak- tisan, dan keefektifan e-LKPD multi representasi untuk meningkatkan keteram- pilan berpikir sistem. Hasil studi pendahuluan mengungkapkan 100% pendidik belum menggunakan e-LKPD model multi representasi dalam pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D yang mengacu pada model pe- ngembangan Gall, et al. Subyek untuk uji coba produk adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sekampung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan desain yang digunakan untuk uji coba produk adalah Pretest Posttest Non Equivalent Control Group Design. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan e-LKPD menurut pendidik dan menurut peserta didik, angket validasi produk oleh ahli, angket respon pendidik dan peserta didik, soal pretest-postest, lembar keterlak- sanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji independent sampel t-test terhadap rata-rata n-Gain keterampilan berpikir sistem. Hasil penelitian ini berupa produk e-LKPD model multi representasi untuk meningkatkan keteram- pilan berpikir sistem peserta didik. Produk e-LKPD model multi representasi ini dinyatakan valid dan layak digunakan, berdasarkan hasil validasi ahli, pada kese- suaian isi sebesar 95%, konstruksi sebesar 92% dan keterbacaan sebesar 90%. Produk e-LKPD model multi representasi ini praktis sebagai upaya untuk mening- katkan kemampuan berpikir sistem peserta didik SMP. Produk e-LKPD model multi representasi ini di nyatakn praktis, berdasarkan respon pendidik dengan hasil respon positif sebesar 97%, respon positif peserta didik sebesar 100% dan hasil observasi keterlaksanan pembelajaran sebesar 86.05%. Adapun produk e- LKPD model multi representasi ini efektif sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik SMP. Hal ini di dasarkan dari perolehan rata-rata nilai n-Gain kelas eksperimen yang berkategori tinggi sebesar 0,710 dan effect size sebesar 0,872 berkategori besar. Kata kunci : e-LKPD, Model Multi Representasi, keterampilan berpikir sistem This research aims to develop a product, describe the practicality, and evaluate the effectiveness of a multi-representation model e-LKPD to improve students’ sys- tems thinking skills. Preliminary studies revealed that 100% of teachers had not yet implemented the multi-representation e-LKPD in their teaching. The research method used was Research and Development (R&D), referring to the Gall, et al development model. The trial subjects were seventh-grade students of SMP Negeri 2 Sekampung. The sampling technique used was purposive sampling, and the product testing design was a Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. The data collection instruments included questionnaires on e-LKPD needs (for both teachers and students), expert validation questionnaires, teacher and student response questionnaires, pretest-posttest questions, and lesson imple- mentation observation sheets. Data analysis was conducted using an independent sample t-test on the average n-Gain of systems thinking skills. The result of this study is a multi-representation model e-LKPD designed to enhance students' sys- tems thinking skills. The e-LKPD product was declared valid and feasible for use, based on expert validation scores: 95% for content appropriateness, 92% for cons- truction, and 90% for readability. The product was also found to be practical in supporting the improvement of students’ systems thinking skills, as shown by a 97% positive response from teachers, 100% positive response from students, and a lesson implementation rate of 86.05%. The e-LKPD product was proven effec- tive in enhancing systems thinking skills, indicated by the experimental class's average n-Gain score of 0.710, categorized as "high", and an effect size of 0.872, categorized as "large". Keywords: e-LKPD, Multi-Representation Model, Systems Thinking Skills

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 18 Nov 2025 02:14
Terakhir diubah: 18 Nov 2025 02:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93507

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir