VILDA BADRAENI , - (2025) PENGARUH BAHAN AJAR TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak - Vilda Badraeni.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Skripsi Full-Vilda Badraeni.pdf Restricted to Hanya staf Download (1558Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Skripsi Full Tanpa Pembahasan - Vilda Badraeni.pdf Download (1258Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas V karena pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar memalui model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran tematik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian yaitu non- equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 3 Way Urang dengan jumlah 44 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan ketentuan tertentu dengan jumlah 44 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan hasil Fhitung ≥ Ftabel (8,03≥ 4,32), jadi dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas V SD Negeri 3 Way Urang. Kata Kunci: bahan ajar, kemampuan berpikir tingkat tinggi, problem based learning. The problem of this research of the low critical thinking skills the fourth grade students because educators have not used a variety of learning models. This study aims to determine the influence of teaching materials through learning models problem based learning in thematic learning of higher order thinking skills. This research method is quasi-experimental with a non-equivalent control group design. The research used population was all fourth grade students at SD Negeri 3 Way Urang with a total of 44 students. This research used purposive sampling namely the sampling technique with certain conditions with a total of 44 students. Data collection techniques used were tests, observation sheets and documentation. Hypothesis testing used simple linear regression with resultsFhitung≥ Ftabel (8.03≥ 4.32), so it can be concluded that there is an influence of the learning model problem based learning in science learning on the critical thinking skills the fourth grade students at SD Negeri 3 Way Urang. Keywords: teaching materials, higher order thinking skills, problem based learning.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | UPT . Ery Elyasari |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 03:32 |
| Terakhir diubah: | 18 Nov 2025 03:32 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93533 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
