PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ALQURUN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025)

AINDHYA , AWLIANA RIZQI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ALQURUN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1 ABSTRAK AINDHYA - Aindhya Awliana Rizqi.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
1 SKRIPSI FULL AINDHYA - Aindhya Awliana Rizqi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1411Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
1 SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN AINDHYA - Aindhya Awliana Rizqi.pdf

Download (1368Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ALQURUN terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 274 siswa yang terdistribusi ke dalam 9 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 8.2 sebanyak 30 siswa dan 8.4 sebanyak 28 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal uraian dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran ALQURUN lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran direct instruction. Dengan demikian, pembelajaran dengan model ALQURUN berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, model ALQURUN, pengaruh. ABSTRACT This study aims to determine the effect of the ALQURUN learning model on students' mathematical communication skills. This study is a quantitative study using a pretest-posttest control group design. The population in this study were all students of class VIII of SMP Negeri 3 Bandar Lampung in the 2024/2025 academic year, totaling 274 students distributed into 9 classes. The sample of this study was 30 students in class 8.2 and 28 students in class 8.4 selected using the cluster random sampling technique. The research instrument used in this study was a test instrument in the form of descriptive questions with data collection techniques using tests consisting of an initial test (pretest) and a final test (posttest). Data analysis in this study used the Mann-Whitney U test. Based on the research results, it was found that the increase in mathematical communication skills of students who participated in ALQURUN learning was higher than the increase in mathematical communication skills of students who participated in direct instruction learning. Therefore, learning with the ALQURUN model has an effect on students' mathematical communication skills. Keywords: ALQURUN model, influence, mathematical communication skills.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 18 Nov 2025 08:07
Terakhir diubah: 18 Nov 2025 08:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93590

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir