ZAHRUL, ZIMA (2025) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, OVERCONFIDENCE, HERDING BEHAVIOR DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI BERBASIS APLIKASI DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT) - Zahrul Zima.pdf Download (273Kb) | Preview |
|
|
File PDF
TESIS FULL - Zahrul Zima.pdf Restricted to Hanya staf Download (2263Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Zahrul Zima.pdf Download (1847Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh financial literacy, overconfidence, herding behavior, dan religiusitas terhadap keputusan investasi berbasis aplikasi dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini didasari oleh meningkatnya tren investasi digital di Indonesia, khususnya di Pulau Sumatra, Indonesia yang diiringi dengan rendahnya literasi keuangan dan tingginya kecenderungan investor terhadap bias perilaku. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain survei melalui penyebaran kuesioner daring kepada 400 responden yang merupakan pengguna aktif aplikasi investasi seperti Ajaib, Bibit, Growin’ dan sejenisnya. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial literacy, overconfidence, herding behavior, dan religiusitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi berbasis aplikasi. Namun, religiusitas tidak terbukti memoderasi hubungan antara financial literacy maupun overconfidence terhadap keputusan investasi, tetapi religiusitas terbukti memperlemah pengaruh herding behavior terhadap keputusan investasi berbasis aplikasi. Temuan ini menunjukkan bahwa nilai-nilai religius mampu menekan kecenderungan perilaku ikut-ikutan (herding) dalam berinvestasi, namun belum cukup kuat untuk memperkuat pengaruh financial literacy ataupun mengendalikan efek kepercayaan diri berlebih dalam hal investasi digital. Kata kunci: Financial Literacy, Overconfidence, Herding Behavior, Religiusitas, Keputusan Investasi Berbasis Aplikasi.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 100 Filsafat dan psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan |
| Program Studi: | FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB) > Prodi S2-Magister Ilmu Akuntansi |
| Pengguna Deposit: | 2507570194 Digilib |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 02:14 |
| Terakhir diubah: | 19 Nov 2025 02:14 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93594 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
