PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA

Sovia, Gusviranti (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI SUMPAH PEMUDA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Sovia Gusviranti.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Sovia Gusviranti.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3682Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Sovia Gusviranti.pdf

Download (2336Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model PBL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di SMP Negeri 1 Punggur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 responden. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 22.Berdasarkan hasil perhitungan uji paired sample t Test dan uji Independent Samples Test yang digunakan dalam penelitian ini dihasilkan bahwa terdapat pengaruh adanya model pembelajaran PBL terhadap kemampuan pemabaman konsep peserta didik pada materi sumpah pemuda dalam bingkai bhinneka tunggal ika. yang berdasarkan uji N- Gain Score mempunyai efektifitas sebesar 62,8% yang dapat dikategorikan cukup efektif. Kemudian terdapat perbedaan yang signifikan atau nyata antara rata-rata hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yangberarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil penguatan keterampilan model pembelajaran pbl dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran pbl. Kata Kunci : Problem Based Learning, pemahaman konsep, kelas ekperimen The purpose of this research isto describe the ability to express opinions of students who take part in learning using the PBL model. The research method used in this research is quasi-experimental or quasi- experimental with a quantitative approach. The subjects of this research were students at SMP Negeri 1 Punggur. The sample in this study consisted of 29 respondents. The data calculation technique uses SPSS version 22. Based on the calculation results of the paired sample t test and the Independent Samples Test used in this research, it was found that there was an influence of the PBL learning model on students' ability to understand concepts in the Youth Pledge material within the framework of Bhinneka Tunggal Ika. . which based on the N-Gain Score test has an effectiveness of 62.8% which can be categorized as quite effective. Then there is a significant or real difference between the average posttest results between the experimental class and the control class, which means that there is a difference in the results of strengthening the skills of the PBL learning model and the control class which does not use the PBL learning model. Keywords: Problem Based Learning, ability to understand concepts, eksperiment class

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 21 Nov 2025 08:01
Terakhir diubah: 21 Nov 2025 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93753

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir