EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGOMUNIKASIKAN PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Dewi , Shinta Amelia (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGOMUNIKASIKAN PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - SKRIPSI - DEWI SHINTA AMELIA - 2013023052 - Dewi Shinta Amelia.pdf

Download (235Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI - DEWI SHINTA AMELIA - Dewi Shinta Amelia.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - DEWI SHINTA AMELIA - 2013023052 - Dewi Shinta Amelia.pdf

Download (1224Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengomunikasikan pada materi sistem periodik unsur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X fase E SMAN 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X E.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X E.3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dan desain penelitian the matching-only pretest-postest control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persamaan dua rata-rata pada pretes dengan uji Mann-Whitney U dan perbedaan dua rata-rata pada n-gain dengan uji Independent Sample t test. Hasil uji menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan mengelompokkan dan mengomunikasikan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata n-gain keterampilan mengelompokkan dan mengomunikasikan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E, yaitu sebesar 0,73 dan 0,91 sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu sebesar 0,16 dan 0,51. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengomunikasikan pada materi sistem periodik unsur. Kata kunci: efektivitas , keterampilan mengelompokkan, keterampilan mengomunikasikan, Learning Cycle 5E, sistem periodik unsur

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Siswanti
Date Deposited: 24 Nov 2025 04:30
Terakhir diubah: 24 Nov 2025 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93773

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir