Dewi , Shinta Amelia (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN MENGOMUNIKASIKAN PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK - SKRIPSI - DEWI SHINTA AMELIA - 2013023052 - Dewi Shinta Amelia.pdf Download (235Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI - DEWI SHINTA AMELIA - Dewi Shinta Amelia.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN - DEWI SHINTA AMELIA - 2013023052 - Dewi Shinta Amelia.pdf Download (1224Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 5E untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengomunikasikan pada materi sistem periodik unsur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X fase E SMAN 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas X E.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X E.3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dan desain penelitian the matching-only pretest-postest control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persamaan dua rata-rata pada pretes dengan uji Mann-Whitney U dan perbedaan dua rata-rata pada n-gain dengan uji Independent Sample t test. Hasil uji menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan mengelompokkan dan mengomunikasikan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata n-gain keterampilan mengelompokkan dan mengomunikasikan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E, yaitu sebesar 0,73 dan 0,91 sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu sebesar 0,16 dan 0,51. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif untuk meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengomunikasikan pada materi sistem periodik unsur. Kata kunci: efektivitas , keterampilan mengelompokkan, keterampilan mengomunikasikan, Learning Cycle 5E, sistem periodik unsur
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia |
| Pengguna Deposit: | UPT . Siswanti |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 04:30 |
| Terakhir diubah: | 24 Nov 2025 04:30 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93773 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
