IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 1 BAKAUHENI

ALIFIYA, PRABITA RAHAYU (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 1 BAKAUHENI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (200Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2419Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2200Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakselarasan karakter peserta didik yang diharapkan dengan implementasi kurikulum merdeka. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan persepsi dalam menerima adanya perubahan dari kurikulum yang diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 1 Bakauheni pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi, dampak dan problematika kurikulum merdeka dalam pembentukan karakter peserta didik kelas IV SD N 1 Bakauheni. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan pendidik. Subyek penelitian yaitu peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Bakauheni menunjukkan dampak positif dalam pembentukan karakter peserta didik kelas IV melalui pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, integrasi nilai Profil Pelajar Pancasila, dan pelaksanaan proyek P5. Meskipun menghadapi tantangan seperti kesiapan pendidik, keterbatasan sarana, dan partisipasi orang tua yang belum optimal, sekolah tetap berkomitmen melakukan perbaikan berkelanjutan. Secara keseluruhan, Kurikulum merdeka menjadi fondasi penting dalam menciptakan ekosistem pembelajaran yang holistik, menyenangkan, dan bermakna bagi penguatan karakter peserta didik. Kata kunci: karakter, kurikulum merdeka, peserta didik, pembentukan karakter.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2507822433 Digilib
Date Deposited: 25 Nov 2025 02:14
Terakhir diubah: 25 Nov 2025 02:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93775

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir