PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 29 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025)

Jendhiya, Reviantri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 29 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2024/2025). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] File PDF
2. Skripsi_Jendhiya Reviantri_2113021067.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1446Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1487Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 29 Bandar Lampung tahun pelajaran 2024/2025 berjumlah 263 siswa yang berdistribusi ke dalam sembilan kelas yaitu VIII.1 sampai VIII.9. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 28 siswa dan VIII.2 sebagai kelas kontrol yaang terdiri dari 30 siswa yang terpilih dengan teknik cluster random sampling. Pada penelitian ini desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dan instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dalam bentuk soal untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil analisis data dengan uji Mann-Whitney U terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa antara siswa yang mengikuti model pembelajaran problem posing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran problem posing lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, pengaruh, problem posing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2507225668 Digilib
Date Deposited: 27 Nov 2025 03:01
Terakhir diubah: 27 Nov 2025 03:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93820

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir