ANALISIS PERAN TEMAN SEBAYA DALAM KONTEKS STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS LAMPUNG

DEA , NUR ELIZA (2025) ANALISIS PERAN TEMAN SEBAYA DALAM KONTEKS STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (250Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (961Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (677Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah tekanan akademik yang menimbulkan stres dalam proses penyusunan skripsi pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran teman sebaya dalam mengurangi stres akademik pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Lampung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologi, berfokus pada mahasiswa yang mengalami stres akademik sebagai subjek utama, sedangkan teman sebaya dan dosen pembimbing berperan sebagai informan pendukung. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan analisis tematik berbantuan perangkat lunak Atlas.ti 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami berbagai gejala stres akademik, dengan gejala fisiologis dan emosional sebagai gejala stres yang paling menonjol. Teman sebaya berperan penting dalam mengurangi stres akademik melalui lima bentuk dukungan: emosional, penghargaan, instrumental, informatif, dan jaringan sosial, di mana dukungan jaringan sosial menjadi bentuk dukungan yang paling dominan. Temuan ini menegaskan pentingnya peran teman sebaya dalam membantu mahasiswa menghadapi tekanan akademik serta menjadi dasar bagi pengembangan program intervensi dukungan sosial di perguruan tinggi. Kata Kunci: Stres Akademik,Teman Sebaya, Mahasiswa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2507679816 Digilib
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:27
Terakhir diubah: 04 Dec 2025 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93925

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir