PENERAPAN METODE USER CENTERED DESIGN DALAM PERANCANGAN UI/UX WEBSITE KAMUS BAHASA LAMPUNG BERBASIS KOMUNITAS

ANDRE , GILANG FIRMANSYAH (2025) PENERAPAN METODE USER CENTERED DESIGN DALAM PERANCANGAN UI/UX WEBSITE KAMUS BAHASA LAMPUNG BERBASIS KOMUNITAS. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
abstrak - Andre Gilang Firmanyah.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
tanpa lampiran - Andre Gilang Firmanyah.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
bab 1-3 - Andre Gilang Firmanyah.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Bahasa Lampung merupakan salah satu bahasa daerah yang terancam punah akibat menurunnya penggunaan oleh generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dari website kamus bahasa Lampung berbasis komunitas menggunakan pendekatan User Centered Design (UCD). Perancangan dilakukan dengan Figma dan menghasilkan 76 halaman antarmuka untuk empat peran pengguna. Evaluasi dilakukan melalui A/B Testing dan Usability Testing yang mencakup tiga aspek: efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil menunjukkan bahwa desain A memiliki efektivitas sebesar 99%, efisiensi rata-rata 7,6 detik, dan skor SUS sebesar 84, sedangkan desain B memiliki efektivitas 98%, efisiensi 11,2 detik, dan skor SUS 64. Desain A dinilai lebih optimal dalam memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Website ini diharapkan dapat menjadi media kolaboratif dalam pelestarian bahasa Lampung secara digital. Kata kunci: User Centered Design, UI/UX, Kamus Digital, Bahasa Lampung, Usability Testing, System Usability Scale ABSTRACT Lampung language is one of the regional languages in Indonesia that is at risk of extinction due to its declining use among younger generations. This study aims to design the user interface (UI) and user experience (UX) of a community-based Lampung language dictionary website using the User Centered Design (UCD) approach. The interface was designed using Figma, resulting in 76 pages covering four user roles. Evaluation was conducted through A/B Testing and Usability Testing, focusing on three aspects: effectiveness, efficiency, and user satisfaction. The results show that Design A achieved 99% effectiveness, an average efficiency of 7.6 seconds, and a System Usability Scale (SUS) score of 84, while Design B achieved 98% effectiveness, 11.2 seconds efficiency, and a SUS score of 64. These results indicate that Design A provides a better user experience. This website is expected to serve as a collaborative digital platform for the preservation of the Lampung language. Keywords: User Centered Design, UI/UX, Digital Dictionary, Lampung Language, Usability Testing, System Usability Scale

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: FAKULTAS TEKNIK (FT) > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 05 Dec 2025 09:05
Terakhir diubah: 05 Dec 2025 09:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/93963

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir