PENGETAHUAN GURU TAMAN KANAK-KANAK ( TK ) TENTANG PENDIDIKAN INKLUSI DI KECAMATAN PESISIR SELATAN

Mera , Oktarina (2025) PENGETAHUAN GURU TAMAN KANAK-KANAK ( TK ) TENTANG PENDIDIKAN INKLUSI DI KECAMATAN PESISIR SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (308Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1115Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1095Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru Taman Kanak-Kanak (TK) tentang pendidikan inklusi di Kecamatan Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan mengelompokkan skor total ke dalam kategori tingkat pengetahuan rendah, sedang, dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru TK di Kecamatan Pesisir Selatan memiliki pengetahuan yang rendah tentang pendidikan inklusi, dengan persentase 45% berada pada kategori rendah, 30% pada kategori sedang, dan hanya 25% yang tergolong tinggi. Analisis per dimensi menunjukkan bahwa pengetahuan guru paling rendah terdapat pada dimensi pemahaman kebijakan dan peran guru dalam pendidikan inklusi. Hasil penelitian ini memiliki implikasi penting terhadap pelaksanaan pendidikan inklusi di tingkat pendidikan anak usia dini. Rendahnya tingkat pengetahuan guru menunjukkan perlunya peningkatan kompetensi melalui pelatihan khusus yang berfokus pada pemahaman konsep, kebijakan, serta strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. Dengan demikian, diharapkan guru TK dapat berperan lebih optimal dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung keberagaman kebutuhan peserta didik. Kata Kunci: Pengetahuan Guru, Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Pengguna Deposit: 2507360348 Digilib
Date Deposited: 09 Dec 2025 08:28
Terakhir diubah: 09 Dec 2025 08:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94031

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir