PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DUKUNGAN KELUARGA DALAM MENGATASI KECEMASAN MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Cici , Rahmawati (2025) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP DUKUNGAN KELUARGA DALAM MENGATASI KECEMASAN MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA JURUSAN ILMU PENDIDIKAN FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_ABSTRAK.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1989Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1679Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Peneliti menemukan permasalahan terkait kecemasan yang dialami oleh mahasiswa tingkat akhir selama proses penyusunan skripsi. Kecemasan tersebut dapat memengaruhi aspek kognitif, fisik, dan perilaku, sehingga berpotensi menghambat penyelesaian tugas akhir. Salah satu faktor yang diduga mampu membantu mahasiswa dalam mengelola kecemasan adalah dukungan keluarga.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap peran dukungan keluarga dalam mengatasi kecemasan selama proses penyusunan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam,dokumentasi dan observasi terhadap lima orang mahasiswa tingkat akhir di Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. Analisis data dilakukan secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memersepsikan kecemasan dalam tiga bentuk, yaitu kognitif (pikiran negatif dan kekhawatiran), fisik (reaksi tubuh seperti gangguan tidur dan detak jantung yang meningkat), serta perilaku (penundaan dan penghindaran tugas). Mahasiswa mengungkapkan bahwa dukungan keluarga memiliki peran penting dalam membantu mereka menghadapi kecemasan tersebut. Bentuk dukungan seperti perhatian emosional, bantuan praktis, pemberian informasi, dan penghargaan dari keluarga membuat mahasiswa merasa lebih tenang, termotivasi, dan percaya diri dalam menyelesaikan skripsi.Dari temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa dukungan keluarga dipersepsikan sebagai faktor yang berperan signifikan dalam membantu mahasiswa mengelola kecemasan akademik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 100 Filsafat dan psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: 2507159747 Digilib
Date Deposited: 10 Dec 2025 04:02
Terakhir diubah: 10 Dec 2025 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94049

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir