MODEL KAUSALITAS ANTARA EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR KIMIA, DAN CHEMISTRY LABORATORY ANXIETY SISWA SMA DI PROVINSI LAMPUNG

ZAID , AIMAN ABDUL GHONIY (2025) MODEL KAUSALITAS ANTARA EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR KIMIA, DAN CHEMISTRY LABORATORY ANXIETY SISWA SMA DI PROVINSI LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (217Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1874Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1432Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis model kausalitas antara efikasi diri, motivasi belajar kimia, dan kecemasan laboratorium kimia pada siswa SMA di Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbantuan perangkat lunak AMOS 26. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Provinsi Lampung. Sampel penelitian berjumlah 1.040 siswa yang tersebar di tiga wilayah berupa Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, dan Kabupaten Pesawaran. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas X, XI, dan XII yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara efikasi diri dan motivasi belajar kimia terhadap chemistry laboratory anxiety dan terdapat pengaruh signifikan antara efikasi diri terhadap motivasi belajar kimia. Penemuan ini menunjukkan bahwa peningkatan efikasi diri dan motivasi belajar kimia siswa dapat menjadi strategi penting untuk menurunkan kecemasan siswa dalam kegiatan praktikum di laboratorium kimia. Kata kunci: Efikasi Diri, Motivasi Belajar Kimia, Kecemasan Laboratorium, Structural Equation Modeling, Siswa SMA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2507137112 Digilib
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:03
Terakhir diubah: 17 Dec 2025 03:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94291

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir