DONATA RISA, MERINA (2025) Pengembangan Model Evaluasi Personal Passion Project untuk Meningkatkan Inovasi Siswa di SDS 01 Gula Putih Mataram. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Tesis Full.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Tesis tanpa pembahasan.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis efektivitas model evaluasi Personal Passion Project dalam meningkatkan inovasi siswa di SDS 01 Gula Putih Mataram. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan mixed-method dan desain explanatory sequential. Model evaluasi yang dikembangkan terdiri atas enam tahap: pemilihan topik, perancangan proyek, mentoring terstruktur, uji coba, presentasi, dan pameran karya. Fokus evaluasi berada pada proses pembelajaran untuk mendorong kreativitas dan inovasi siswa. Hasil kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan pada empat dimensi inovasi siswa yaitu originalitas, keluwesan berpikir, kelancaran ide, dan kemampuan refleksi, dengan nilai p < 0,001 pada seluruh variabel berdasarkan uji paired samples test. Temuan kualitatif melalui wawancara guru mengonfirmasi bahwa model ini efektif meningkatkan kemampuan berinovasi siswa selama proses proyek berlangsung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model evaluasi Personal Passion Project efektif dalam meningkatkan inovasi siswa dan memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan pembelajaran berbasis proyek yang lebih inovatif di sekolah dasar. Secara teoretis, penelitian ini memperkaya praktik evaluasi dalam Project-Based Learning dengan memasukkan minat siswa sebagai bagian integral dari proses pembelajaran. This study develops and evaluates the effectiveness of the Personal Passion Project assessment model in enhancing elementary students’ innovation skills. Using a Research and Development (R&D) approach with a mixed-method explanatory sequential design, the model integrates six structured phases: topic selection, project design, guided mentoring, prototype testing, presentation, and exhibition. The assessment emphasizes process-oriented criteria to foster creativity and innovation. Quantitative results indicate significant improvements in originality, flexibility, idea fluency, and reflection (p < 0.001). Qualitative findings from teacher interviews corroborate the model’s effectiveness in supporting students’ innovative thinking throughout the project cycle. The study concludes that the Personal Passion Project assessment model effectively enhances student innovation and offers practical implications for strengthening interest-based Project-Based Learning (PjBL). The research contributes theoretically to innovation evaluation frameworks within contemporary PjBL practices.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
| Pengguna Deposit: | 2507712925 Digilib |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 07:05 |
| Terakhir diubah: | 17 Dec 2025 07:05 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94316 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
