DEDI SLAMET, SUROHMAT (2025) PENGEMBANGAN E-SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP PEMBELAJARAN GURU UNTUK MENINGKATKAN MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
abstrak TESIS Dedi S2 abtrak.pdf Download (198Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Tesis Full tesis Dedi Slamet S.pdf Restricted to Hanya staf Download (2814Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
Tesis Dedi Slamet S tanpa pembahasan.pdf Download (2346Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Supervisi akademik berbasis Coaching dengan model ADDIE yang layak dan praktis terhadap pembelajaran guru untuk meningkatkan manajemen kepemimpinan kepala sekolah di sekolah menengah pertama. Pengembangan E-Supervisi akademik berbais Coaching dengan model ADDIE diawali dengan menganalisis permasalahan, desain produk, pengembangan produk, implementasi produk dan evaluasi produk berdasarkan kebutuhan supervisi akademik. Jenis penelitian dan pengembangan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian ini terdiri atas ahli validasi dan pengguna E-Supervisi. Ahli validasi terdiri atas ahli materi dan ahli desain. Sedangkan pengguna terdiri atas kepala sekolah dan guru kelas sekolah menengah pertama yang berada di daerah Palas, Kabupaten Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi awal berupa angket pendahuluan untuk kepala sekolah dan guru, angket validasi ahli, angket kepraktisan produk, dan instrumen wawancara. Teknik analisis data mengintegrasikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif dengan menggunakan data ahli, kepraktisan produk dan validasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata uji ahli dengan kriteria sangat layak. Uji kepraktisan dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-Supervisi akademik berbasis Coaching sangat layak dan sangat praktis digunakan terhadap pembelajaran guru untuk meningkatkan manajemen kepemimpinan kepala sekolah. This study aims to develop a coaching-based E-Academic Supervision using the ADDIE model that is both feasible and practical for improving teachers’ learning and enhancing the leadership management of school principals in lower secondary schools. The development of this coaching-based E-Academic Supervision through the ADDIE model began with problem analysis, product design, product development, product implementation, and product evaluation based on the needs of academic supervision. This research and development study adopts the Research and Development (R&D) approach by adapting the Dick and ADDIE. The research subjects consisted of validation experts and users of the E-Supervision system. The validation experts included material and design experts, while the users comprised school principals and teachers from lower secondary schools in the Palas sub-district, South Lampung Regency. Data collection techniques included initial observations through preliminary questionnaires for school principals and teachers, expert validation questionnaires, product practicality questionnaires, and interview instruments. Data analysis techniques integrated both qualitative and quantitative approaches to obtain a comprehensive understanding based on expert data, product practicality, and validation results. The findings of the study indicate that the expert validation results fall under the “highly feasible” category, while the practicality test results are categorised as “highly practical.” It can thus be concluded that the coaching-based E-Academic Supervision is highly feasible and practical to be implemented in teachers’ learning to improve school principals’ leadership management.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
| Pengguna Deposit: | 2507358730 Digilib |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 07:07 |
| Terakhir diubah: | 17 Dec 2025 07:07 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94318 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
