PENGEMBANGAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TERBANGGI BESAR

Cempaka, Puri (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TERBANGGI BESAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
01. Abstract Cempaka Puri.pdf

Download (137Kb) | Preview
[img] File PDF
02. Tesis tanpa Lampiran Cempaka Puri.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (11Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
03. Tesis Tanpa Pembahasan dan Lampiran Cempaka Puri.pdf

Download (11Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Book sebagai media layanan informasi Bimbingan dan Konseling (BK) untuk meningkatkan kesadaran bullying pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Terbanggi Besar. Latar belakang penelitian ini berangkat dari tingginya kasus perundungan (bullying) di lingkungan sekolah dan rendahnya literasi siswa terhadap bentuk, dampak, serta cara penanganannya. Guru BK juga menyatakan bahwa penyampaian materi layanan informasi masih bersifat konvensional dan kurang menarik bagi siswa generasi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model Borg and Gall yang dimodifikasi hingga tahap uji coba terbatas. Subjek penelitian terdiri dari ahli materi, ahli media, guru BK, dan siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian digunakan untuk mengukur kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Book yang dikembangkan dinilai sangat valid oleh ahli materi dan media dengan rata-rata skor 84,9 % (kategori sangat valid). Uji kepraktisan menunjukkan respon positif dari guru dan siswa terhadap kemudahan penggunaan, kemenarikan tampilan, serta kejelasan isi dengan nilai rata-rata 88%. Uji efektivitas melalui perbandingan nilai pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dengan hasil uji-t sebesar 15,849. Dengan demikian, E-Book yang dikembangkan terbukti efektif sebagai media layanan informasi BK untuk meningkatkan kesadaran bullying. Media ini dapat dijadikan alternatif inovatif dalam penyampaian layanan informasi di sekolah, sekaligus mendukung upaya preventif dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan bebas dari kekerasan. Kata kunci: e-book, bimbingan dan konseling, bullying, layanan informasi, pengembangan media.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2507195941 Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2025 05:43
Terakhir diubah: 18 Dec 2025 05:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94394

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir