ALMA TALITA , THAHARA ZAIN (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PERKEMBANGAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2868Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2783Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan anak usia 5-6 tahun dalam berpikir simbolik belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap perkembangan berpikir simbolik anak di kelas B (usia 5-6 tahun) TK Sabrina Tuzzahrah Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain One Groups Pre Treatment Post Treatment Design yang menggunakan satu kelas saja tanpa kelas perbandingan dengan memberikan pre treatment (sebelum diberi perlakuan) dan post treatment (setelah diberi perlakuan). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 anak, sedangkan sampel berasal dari TK B2 (usia 5-6 tahun) yang berjumlah 30 anak sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara penggunaan model pembelajaran PjBL terhadap perkembangan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Sabrina Tuzzahrah pada tahun ajaran 2024/2025. Sehingga pembelajaran PjBL berdampak positif terhadap perkembangan berpikir simbolik. Kata Kunci : Model pembelajaran PjBL, berpikir simbolik, anak usia dini.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD |
| Pengguna Deposit: | 2507321569 Digilib |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 06:11 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 06:11 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94397 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
