PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PERKEMBANGAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN

ALMA TALITA , THAHARA ZAIN (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PERKEMBANGAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2868Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2783Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan anak usia 5-6 tahun dalam berpikir simbolik belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap perkembangan berpikir simbolik anak di kelas B (usia 5-6 tahun) TK Sabrina Tuzzahrah Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain One Groups Pre Treatment Post Treatment Design yang menggunakan satu kelas saja tanpa kelas perbandingan dengan memberikan pre treatment (sebelum diberi perlakuan) dan post treatment (setelah diberi perlakuan). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 anak, sedangkan sampel berasal dari TK B2 (usia 5-6 tahun) yang berjumlah 30 anak sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara penggunaan model pembelajaran PjBL terhadap perkembangan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Sabrina Tuzzahrah pada tahun ajaran 2024/2025. Sehingga pembelajaran PjBL berdampak positif terhadap perkembangan berpikir simbolik. Kata Kunci : Model pembelajaran PjBL, berpikir simbolik, anak usia dini.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini PG-PAUD
Pengguna Deposit: 2507321569 Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2025 06:11
Terakhir diubah: 18 Dec 2025 06:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94397

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir