LAILATUL, MUNAWAROH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP HASIL BELAJARTEMATIKPESERTADIDIKKELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (179Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1711Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1547Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning berbasis pendekatan TPACK terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 10 Metro Timur. Penelitian ini menggunakan metode ekseperimen jenis Quasi Eksperimental dimana dalam rancangan ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur yang berjumlah 38 orang dengan melibatkan 38 orang peserta didik kelas IV yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik tes berupa nilai kognitif dan teknik non test berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbasis pendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV, ditunjukan dengan hasil perhitungan regresi linier sederhana dengan Fhitung = 10,23 ≥ Ftabel = 4,45 presentase ketuntasan kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 84% yang artinya berada pada taraf kuat. Kata Kunci: Discovery Learning , Peserta Didik, Tematik, TPACK.
| Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
| Pengguna Deposit: | 2507201862 Digilib |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 06:19 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 06:19 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94404 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
