LIS , KURNIAWATI (2025) PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERSITASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA KELAS X SMAIT PERMATA BUNDA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
01-ABSTRAK LIS.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
02-TESIS LIS-FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
03-TESIS LIS-TANPA BAB 4 DAN LAMPIRAN.pdf Download (2266Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Project Based Learning (PjBL) Bersitasi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa kelas X SMAIT Permata Bunda Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall. Data dikumpulkan melalui teknik angket, validasi ahli, dan uji coba terbatas. Subjek uji coba terdiri dari siswa kelas X di SMAIT Permata Bunda Bandar Lampung, dengan Instrumen pengumpulan data mencakup lembar analisis kebutuhan, validasi ahli, dan angket motivasi belajar sebelum dan setelah perlakuan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi selama ini, dalam proses pembelajaran yang diterapkan di sekolah sudah mengenalkan proyek, namun masih bersifat mengerjakan proyek di akhir unit untuk mata pelajaran tertentu dan bukan pembelajaran berbasis proyek. Guru juga belum memanfaatkan platform digital berupa google class room dalam pembelajaran, dan siswa memiliki keterampilan kolaborasi yang rendah. Potensi yang dimiliki oleh sekolah selama ini sangat memungkinkan dikembangkannya model PjBL Bersitasi, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, (2) Pengembangan model PjBL Bersitasi ini mengikuti tahapan Borg and Gall menghasilkan produk yang valid berdasarkan penilaian ahli, diperoleh hasil validasi dari ahli media sebesar 97,15% (kategori sangat layak) dan hasil validasi dari ahli desain dan media sebesar 98,75 % (kategori sangat layak) (3) Model Pembelajaran PjBL memiliki karakteristik yang mencerminkan sintaks PjBL dengan empat fase, dan dilengkapi platform digital berupa google class room yang interaktif, (4) Penggunaan model PjBL Bersitasi secara efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan, diperoleh tingkat keterampilan kolaborasi pada kelas X meningkat dari 42,05% ke 91,86% dengan kategori sangat tinggi, Sedangkan efektivitas penggunaan PjBL Bersitasi dilihat dari perhitungan menggunakan N Gain diperoleh hasil sebesar 86,09% katagori efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan model PjBL Bersitasi ini efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Kata Kunci : Project Based Learning, Bersitasi, Keterampilan Kolaborasi.
| Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
|---|---|
| Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
| Program Studi: | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Teknologi Pendidikan |
| Pengguna Deposit: | 2507576689 Digilib |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 06:36 |
| Terakhir diubah: | 18 Dec 2025 06:36 |
| URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94417 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Karya Akhir |
