PENGEMBANGAN E-MODUL TEKS DESKRIPSI DALAM BENTUK FLIPBOOK BERBASIS STRATEGI KWL (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

ARIS , NURMANSYAH (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL TEKS DESKRIPSI DALAM BENTUK FLIPBOOK BERBASIS STRATEGI KWL (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (ABSTRAK)
1.ABSTRAK.pdf

Download (191Kb) | Preview
[img] File PDF (TESIS FULL)
2. FILE TUGAS AKHIRSKRIPISTHESISIDISERTASI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF (TESIS TANPA PEMBAHASAN)
3. FILE TUGAS AKHIRSKRIPISTHESISIDISERTASI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2676Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Di era transformasi pendidikan yang ditandai oleh digitalisasi, kehadiran bahan ajar inovatif dalam bentuk digital menjadi kebutuhan penting bagi setiap pendidik yang ingin menciptakan pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik abad ke-21. Selain bahan ajar inovatif dalam bentuk digital, sebuah strategi pembelajaran yang tepat juga diperlukan agar proses pembelajaran dapat terlaksana dengan efektif. Namun, tidak sedikit pendidik yang belum menggunakan bahan ajar inovatif dalam bentuk digital dan strategi pembelajaran yang efektif. Kondisi tersebut juga ditemukan pada pembelajaran teks deskripsi kelas VII di tiga sekolah menengah pertama negeri yang ada di Kecamatan Pubian. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar inovatif dalam bentuk digital berbasis strategi pembelajaran berupa e-modul teks deskripsi dalam bentuk flipbook berbasis strategi KWL (Know-Want to Know-Learned) untuk peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg & Gall yang terdiri atas 10 tahapan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi desain, (6) uji coba kelompok terbatas, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi massal. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, studi dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-modul teks deskripsi dalam bentuk flipbook berbasis strategi KWL (Know-Want to Know-Learned) untuk peserta didik kelas VII SMP berhasil dikembangkan, (2) hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi, ahli pembelajaran, dan praktisi menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan sangat layak digunakan, dan (3) hasil uji efektivitas yang dilakukan di tiga sekolah menengah pertama negeri yang ada di Kecamatan Pubian menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : e-modul, teks deskripsi, KWL (Know-Want to Know-Learned)

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2507491325 Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2025 04:21
Terakhir diubah: 22 Dec 2025 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94517

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir